Toyota Corolla DX Ini Seharga Altis Baru


 


Toyota Corolla DX Ini Seharga Altis Baru

 

Jumat, 13 Desember 2013 | 17:21 WIB

 

Jakarta, KompasOtomotif — Sosok legendaris Toyota Corolla DX memang mampu menarik perhatian konsumen. Kendati berumur 30 tahun lebih, penggemarnya masih banyak. Tentunya, mereka bertujuan menjadikannya koleksi atau untuk modifikasi. Bisa bergaya restorasi, vintage, ekstrem, atau balap. Corolla DX keluaran 1981 milik Musa Idi Shah termasuk yang dimodifikasi gaya balap oleh Bartolomeus Diaz, penggawa Bar Speed di Senayan, Jakarta.

 
Bahkan, ubahan yang dilakukan bukan sekadar modifikasi melainkan benar-benar difungsikan sesuai konsepnya, yakni untuk balap kelas retro. Barto menuturkan, Corolla DX milik Dodi, panggilan akrab Musa Idi Shah, merupakan sebuah mahakarya. Selain paras yang sangar, performa yang dimiliki pun sangat mumpuni. Buktinya, juara Retro Touring Car Championship ini berhasil direbut pada 2010.

 
Rp 650 juta

"Dia tidak mau setengah-setengah kalau bangun mobil," ucap Barto. Bahkan, Dodi mengeluarkan dana Rp 650 juta untuk memenuhi keinginannya agar DX layak dipacu di sirkuit. Butuh waktu sekitar dua bulan sampai semuanya selesai.

 
Di bawah bonet ada mesin 3S-GE empat silinder segaris milik Toyota Celica, dipesan langsung dari Singapura. Merasa belum puas, jeroan seperti piston, setang piston, noken as, dan per klep diganti dengan produk kompetisi. Kini jantung pacu mampu tembus 291 PS. Karena mengikuti regulasi balap retro, asupan bahan bakar tetap mengandalkan karburator model 4-barrel. 


Dua pintu

Tak hanya mesin yang mengalami ubahan ekstrem, Bimo Custom Bikes dapat jatah mengubah tampilan eksterior. Karakter diubah jadi model 2 pintu. Alasannya, pintu lainnya tidak terpakai, sekaligus meringankan bobot mobil dan menunjang faktor aerodinamika. Panel-panel bodi ditipiskan dan interior bawaan pabrik dihilangkan demi memangkas "lemak" yang tidak dibutuhkan mobil balap. "Setiap 40 kg bobot mobil yang bisa dihemat, berarti setidaknya waktu putaran bisa satu detik lebih cepat," papar Bartolomeus. 

 

Wajah depan berubah dengan delapan bilah gril membentang menutupi kedua rumah lampu besar yang kini beralih fungsi menjadi ventilasi udara untuk mendinginkan ban depan. Tidak kalah penting, ban belakang juga mendapat perlakuan yang sama. Meski belum puas mendulang prestasi, Dodi masih belum ingin kembali balapan. Dengan setengah hati, Corolla DX tersebut ternyata bakal dilego. Banderolnya mulai dari Rp 450 juta.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS SPEDA

Abdurrahman bin Muljam Muslim Taat Yang Sesat Membunuh Ali bin Abi Thalib

Perbedaan Ahlus Sunnah Waljamaah dengan Syi'ah