Toyota Corolla DX Ini Seharga Altis Baru
Toyota Corolla DX Ini Seharga Altis Baru
Jumat, 13 Desember 2013 | 17:21 WIB
Jakarta, KompasOtomotif — Sosok legendaris Toyota Corolla
DX memang mampu menarik perhatian konsumen. Kendati berumur 30 tahun lebih,
penggemarnya masih banyak. Tentunya, mereka bertujuan menjadikannya koleksi
atau untuk modifikasi. Bisa bergaya restorasi, vintage, ekstrem, atau balap.
Corolla DX keluaran 1981 milik Musa Idi Shah termasuk yang dimodifikasi gaya
balap oleh Bartolomeus Diaz, penggawa Bar Speed di Senayan, Jakarta.
Bahkan, ubahan yang dilakukan bukan sekadar modifikasi
melainkan benar-benar difungsikan sesuai konsepnya, yakni untuk balap kelas
retro. Barto menuturkan, Corolla DX milik Dodi, panggilan akrab Musa Idi Shah,
merupakan sebuah mahakarya. Selain paras yang sangar, performa yang dimiliki
pun sangat mumpuni. Buktinya, juara Retro Touring Car Championship ini berhasil
direbut pada 2010.
Rp 650 juta
"Dia tidak mau setengah-setengah kalau bangun
mobil," ucap Barto. Bahkan, Dodi mengeluarkan dana Rp 650 juta untuk
memenuhi keinginannya agar DX layak dipacu di sirkuit. Butuh waktu sekitar dua
bulan sampai semuanya selesai.
Di bawah bonet ada mesin 3S-GE empat silinder segaris
milik Toyota Celica, dipesan langsung dari Singapura. Merasa belum puas, jeroan
seperti piston, setang piston, noken as, dan per klep diganti dengan produk
kompetisi. Kini jantung pacu mampu tembus 291 PS. Karena mengikuti regulasi
balap retro, asupan bahan bakar tetap mengandalkan karburator model
4-barrel.
Dua pintu
Tak hanya mesin yang mengalami ubahan ekstrem, Bimo
Custom Bikes dapat jatah mengubah tampilan eksterior. Karakter diubah jadi
model 2 pintu. Alasannya, pintu lainnya tidak terpakai, sekaligus meringankan
bobot mobil dan menunjang faktor aerodinamika. Panel-panel bodi ditipiskan dan
interior bawaan pabrik dihilangkan demi memangkas "lemak" yang tidak
dibutuhkan mobil balap. "Setiap 40 kg bobot mobil yang bisa dihemat,
berarti setidaknya waktu putaran bisa satu detik lebih cepat," papar
Bartolomeus.
Wajah depan berubah dengan delapan bilah gril membentang
menutupi kedua rumah lampu besar yang kini beralih fungsi menjadi ventilasi
udara untuk mendinginkan ban depan. Tidak kalah penting, ban belakang juga
mendapat perlakuan yang sama. Meski belum puas mendulang prestasi, Dodi masih
belum ingin kembali balapan. Dengan setengah hati, Corolla DX tersebut ternyata
bakal dilego. Banderolnya mulai dari Rp 450 juta.
Komentar
Posting Komentar